Maksimalkan Smartphone dengan Aplikasi Penunjang Produktivitas Ini

Sebagai penyeimbang modernitas yang menuntut segala sesuatunya lebih cepat dan tepat, teknologi digital kian berkembang. Salah satunya adalah dengan semakin variatifnya ponsel pintar yang diproduksi oleh para vendor di seluruh dunia. Tak bisa dimungkiri, keberadaan ponsel pintar tentu sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas, terutama bagi Anda yang memiliki jadwal padat dan mobilitas tinggi.

Source: pixabay.com

Akan tetapi, bukan hanya perangkat kerasnya yang membantu Anda bekerja lebih baik. Faktanya, justru beragam aplikasi yang dipasang dalam ponsel yang mengerjakan fungsi-fungsi assistance. Barulah kombinasi perangkat keras yang mumpuni dan aplikasi yang diperkaya fitur canggih ini dapat secara maksimal membantu Anda dalam melakukan rutinitas.

Sebagai sistem operasi yang berbasis open source, wajar jika ada ribuan aplikasi berbasis Android yang sudah diciptakan hanya dalam kurun waktu sekitar satu dekade. Kegunaannya pun bermacam-macam, mulai dari untuk kebutuhan editing, reminder, instant messaging, dan masih banyak lainnya.

Nah, bagi Anda pekerja yang senantiasa ingin meningkatkan produktivitas, berikut adalah referensi aplikasi Android yang perlu Anda instal di ponsel.

1. Telegram

Source:commons.wikimedia.org

Aplikasi instant messaging ini dibuat oleh seorang pemuda berkebangsaan Rusia, Pavel Durov. Selain bawaan yang lebih ringan, kelebihan utama Telegram lainnya adalah dari sisi privasi penggunanya. Dengan menerapkan enkripsi end-to-end yang hanya dapat diakses oleh pengirim dan penerima, platform messaging ini dijamin aman dan tidak dapat ditembus pihak lain.

Selain itu, Telegram dapat menampung anggota dalam sebuah grup hingga ribuan. Kegiatan file sharing pun menjadi lebih mudah dan cepat. Yang lebih menarik, setiap fail yang diterima tidak akan secara otomatis terunduh dan memenuhi memori penyimpanan ponsel Anda. Anda tetap dapat membuka fail tersebut dan baru akan tersimpan ke ponsel jika Anda melakukan perintah penyimpanan.

2. CamScanner

Source: Google Play Store

Khususnya bila Anda pekerja kantoran yang kerap melakukan scanning dokumen, CamScanner dapat mempermudah pekerjaan tersebut. Anda tidak perlu lagi berkutat dengan mesin scanner dan bekerja dua kali untuk melakukan sharing fail tersebut.

Dengan menggunakan CamScanner, Anda cukup mengambil gambar dokumen yang akan dipindai. Setelah itu, lakukan cropping sesuai kebutuhan dan atur brightness agar lebih natural. Jika selesai, simpan fail tersebut dalam bentuk PDF. Secara otomatis, Anda dapat langsung mengirimnya melalui email, WhatsApp, Line, dan lain-lain.

3. Xyzmo Signature Capture

Source: pixabay.com

Bila Anda harus segera menandatangani dokumen dan dalam posisi yang jauh dari kantor, gunakan aplikasi ini. Sesuai namanya, Xyzmo Signature Capture memungkinkan Anda untuk membubuhkan tanda tangan pada sebuah dokumen digital.

Penggunaannya pun sangat mudah. Mintalah seseorang mengirimkan hasil pindai dokumen tersebut dan Anda hanya tinggal menandatanganinya. Dengan parameter yang akurat dan detail serta pembaca sensor yang cepat, Anda tak perlu ragu untuk melakukan tanda tangan kontrak besar sekalipun.

4. Microsoft To-Do

Source: pixabay.com

Orang-orang dengan mobilitas tinggi dan jadwal yang padat membutuhkan aplikasi pencatat dan pengingat ini. Microsoft To-Do yang merupakan produk akuisisi aplikasi Wunderlist oleh Microsoft ini akan membantu manajemen kegiatan Anda sehari-hari.

Fitur aplikasi ini cukup lengkap dengan fitur warna background yang dapat diganti-ganti. Anda bisa mencatat agenda pekerjaan, daftar belanja, rencana liburan, dan lain-lain. Microsoft To-Do juga memiliki beragam kategori yang membuatnya menjadi terlihat rapi, seperti Inbox, Contract, Today, Week, dan Starred.  Kategori ini hanyalah merupakan bawaan alias default aplikasi. Tentu Anda dapat menambahkan kategori lainnya yang sesuai dengan kegiatan Anda.

Jika ponsel sudah siap dengan aplikasi penunjang produktivitas ini, selalu pastikan bahwa pulsa SimPATI Anda tidak habis. Jangan sampai justru menjadi mati gaya lantaran tidak ada saldo pulsa untuk menelepon klien penting.

Dengan kemudahan SimPATI bersama Traveloka, Anda pun kini bisa melakukan isi ulang pulsa dengan cara yang tak kalah instan. Tak perlu lagi mencari kios pulsa atau ribut meminta bantuan pihak lain, kini cukup melalui ponsel dan duduk tenang saldo Anda akan kembali terisi.

Agar lebih praktis, gunakan aplikasi Traveloka yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, pilih menu Top Up & Data dan masukkan nomor telepon pada kolom yang tersedia. Persis di bawah kolom tersebut, Anda akan menemukan beragam pilihan paket internet atau pulsa Simpati di Traveloka mulai dari 25.000 sampai 1.000.000.

Pilih paket sesuai kebutuhan, lalu lanjutkan pembelian. Masukkan detail kontak yang diminta berupa nama, nomor telepon, dan alamat email. Setelah itu, Anda akan mendapat konfirmasi jumlah pembayaran. Klik tombol lanjutkan dan pilih metode pembayaran apa yang dipilih: via transfer, kartu kredit, ATM, atau melalui Indomaret atau Alfamart. Setelah selesai, Anda akan menerima SMS notifikasi.

Selain lebih praktis dan tidak mengganggu produktivitas kerja Anda, membeli pulsa SimPATI di Traveloka juga lebih hemat. Selain harga pulsa yang diberikan lebih murah dibandingkan penjualan pulsa di mana pun, tidak ada biaya transaksi tambahan lainnya yang dikenakan.

 

Maksimalkan Smartphone dengan Aplikasi Penunjang Produktivitas Ini | Ramadhan Loky | 4.5