3 Langkah Kontroversial Microsoft Untuk Mengalahkan Android

Teka teki strategi akuisis Microsoft terhadap Nokia pertengahan tahun lalu akhhirnya terjawab sudah. Microsoft melalui Kepala Divisi Bisnis Ponsel Microsotnya, Jo Harlow mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat Microsoft hanya akan fokus ke pengembangan dan penjualan smartphone dengan OS Windows Phone. Seperti dikutip dari The Verge, Jo Harlo mengatakan bahwa dalam kurun waktu 18 bulan ke depan, Microsoft akan segera mematikan produksi serta penjualan ponsel Nokia X, Nokia Asha, serta Nokia S40. Artinya, dalam waktu 1,5 tahun lagi sudah tidak akan ada produk line up Nokia X, Nokia Asha, dan S40 series yang merupakan produk asli Nokia. Microsoft sejak awal memang membidik Nokia karena latar belakang kualitas perangkat kerasnya yang sudah terbukti sangat bagus. Kesuksesan Nokia menciptakan Hardware membuat Microsoft kepincut untuk mengakuisisnya dan mengembangkan OS Windows Phone lebih leluasa.

Nokia Asha 210

Nokia Asha Akan Segera Dimatikan

Keputusan Microsoft untuk segera mematikan Nokia X memang cukup mengejutkan mengingat line up tersebut menjadi smartphone pembangkit Nokia di tengah keterpurukan. Seperti kita ketahui, kehadiran Nokia X sempat membawa angin segar bagi Nokia dengan memperoleh nilai penjualan yang cukup bagus. Bahkan setelah sukses dengan generasi pertama Nokia X, Microsoft berencana untuk meluncurkan Nokia X2 dalam waktu dekat ini. namun, Microsoft tetap ingin pada jalur rel akuisisi dengan hanya mengembangkan OS Windows Phone atau seri Lumia saja. Sehingga untuk menggantikan Nokia X yang sduah cukup populer, Microsoft akan menyiapkan perangkat Windows Phone dengan harga terjangkau berspesifikasi standar.

Menghentikan produksi tiga ponsel keluaran Nokia bukanlah satu satunya keputusan Microsoft yang kontroversial. Sebab Microsoft juga berencana untuk merampingkan perushaan Nokia dengan melakukan PHK massal sebanyak 18 ribu karyawan setahun mendatang. Selain itu Microsoft juga bakal menjual aplikasi streaming musik andalan Nokia Mixradio dan menghilangkannya dari perangkat Lumia.

“Microsoft memang hanya ingin fokus mengembangkan Windows Phone Lumia, kami sudah menyiapkan rencana besar untuk memerangi dominasi Android”, unngkap Jo Harlow. Well, kita tunggu saja sepak terjang Microsoft ini apakah langkahnya dapat menemukan kesuksesan?

3 Langkah Kontroversial Microsoft Untuk Mengalahkan Android | Admin | 4.5